20 Komponis Terkenal Dunia Sepanjang Masa

20 Komponis Terkenal Dunia Sepanjang Masa -- Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vokal dalam format solo, duo, trio, quartet, qwintet, dst sampai dengan orkestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya (wikipedia).

Berikut Daftar Nama Musik beserta Nama-nama Komponis Terkenal di Dunia Sepanjang Masa. Silahkan disimak.

1. Barok
  • George Fredric Handel
  • Antonio Vivaldi
  • Johann Sebastian Bach

2. Klasik
  • Joseph Haydn
  • Wolfgang Amadeus Mozart
  • Ludwig van Beethoven
  • Franz Schubert
  • Felix Mendelssohn
  • Johannes Brahms

3. Romantis
  • Carl Maria von Weber
  • Frederic Chopin
  • Franz Lizt
  • Richard Wagner
  • Richard Strauss

4. Nasionalis
  • Antonin Dvorak
  • Jan Sibelius
  • Mikhail Glinka
  • Peter Tchaikovsky
  • Sergei Rachmaninoff
  • Aaron Copland

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat langsung di bawah ini.

1. BAROK


a. George Friedrich Handel 1685-1759


 


Lahir dari anak seorang tukang cukur, Handel membuang karir di bidang hukum untuk mengejar cintanya pada musik. Saat Handel berusia 12 tahun, ia telah bermain musik organ di gereja.


Pada tahun 1706-1710, dia pergi dan menetap di Itali. Di sana, dia bekerja sebagai anggota musik istana.

Ia juga hijrah ke Roma dan Itali pada tahun yang sama.

Pada tahun 1712, setelah beberapa waktu tinggal di istana Hanover, dia hijrah ke Inggris. Dia menghabiskan sisa hidupnya di sana.

Salah satu karya drama alkitabiahnya yang kontroversial, yaitu “Ether and Israel in Egypt”, yang ditampilkan di teater-teater sekuler dikecam oleh gereja Inggris.

b. Antonio Vivaldi 1678-1741



Lahir di Venice, Italia, pada 4 Maret 1678, Vivaldi mewarisi kemampuan bermusik dari ayahnya, Giovanni Battista Vivaldi, yang juga merupakan pemain biola di Katedral San Marco. 

Dalam usia yang masih muda, Vivaldi telah diajari bermain biola oleh ayahnya. Mereka juga berkeliling Venice untuk mempertunjukkan permainan biola.


Karena kondisi keluarganya yang miskin, Vivaldi akhirnya mengikuti pelatihan kependetaan. Ia mengikuti pelatihan kependetaan pada 1693 di gereja lokal, S. Geminiano dan S. Giovanni di Oleo.


Ia diteguhkan pada 1703 dan sempat melayani sebagai pendeta sampai akhirnya memutuskan mundur pada akhir 1706.
Ada kisah tersendiri di balik mundurnya Vivaldi dari posisinya sebagai seorang imam/pendeta.

Vivaldi menyebutkan alasannya mundur dikarenakan penyakit asmanya.

Meski demikian, ada juga yang mencurigai mundurnya Vivaldi dari posisi itu dikarenakan minat dan aspirasinya yang begitu besar akan musik.

c. Johann Sebastian Bach 1685-1750



Bach berasal dari keluarga musisi, Sehingga tidak mengherankan bahwa bakat bermain musik itu diwariskan kepadanya.

Yang membuat gaya lagu Bach berbeda dari yang lain adalah bahwa semua lagu yang dibuatnya baik lagu Jesu Joy of Man's Desiring atau lagu yang kebanyakan dibuatnya ditujukan untuk Tuhan.


Bach selain menyanyi, memainkan beberapa alat musik dan menjadi composer musik, ia lebih dikenal untuk komposisi pada organ. Beberapa orang menganggap karyanya sebagai musik organ terbesar yang pernah ada.


2. KLASIK


a. Joseph Haydn 1732-1809


Haydn adalah pusat dari gaya klasik. Dia memasuki dunia musik melalui suara nyanyian yang indah sebagai seorang anak. Pada usia delapan tahun ia masuk ke kor Katedral Santo Stefanus di Wina.


Pada saat Haydn meninggalkan kor katedral, ia tidak hanya belajar menyanyi saja tetapi juga telah menguasai biola dan organ.

Haydn mengaku bahwa ia lebih banyak belajar banyak dari musik yang dinyanyikan dan didengarnya di katedral daripada yang diajarkan Reutter kepadanya.

Selama tahun 1750-1759, Haydn mencari nafkah sebagai pemusik bebas. Ia juga memberi les privat dan bermain biola atau organ dalam gereja dalam orkes di Wina. Musik Haydn mengandung keceriaan, keindahan, kelogisan, keteraturan, keagungan, kesegaran imajinasi dan humor


b. Wolfgang Amadeus Mozart 1756-1791 


Mozart adalah pangeran musik klasik. Film, drama, musikal, dan buku yang tak terhitung jumlahnya telah ditulis untuk menghormati dia.



Dia adalah anak ajaib, dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah.

Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara.


Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik.

Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.


c. Ludwig van Beethoven 1770-1827



Dia anak ajaib lain, tapi tidak hampir berbakat seperti Mozart sebagai seorang anak. Pada usia 14 ia diangkat sebagai asisten guru dan pemain organ di Hanover. Ia menerima bimbingan dari kedua Haydn dan Mozart.


Meskipun dalam keadaan cacat fisik atau tuli, ia bisa menghasilkan mahakarya atau masterpiece terbaik dalam dunia musik. Salah satu ciptaanya yang fenomenal adalah Fur Elise yang biasa penulis dengarkan.

Tokoh satu ini sangat berjasa dibidang musik dan orkestra sehingga ia layak masuk dalam seratus tokoh paling berpengaruh didunia

d. Franz Schubert 1797-1828



Komponis ini berkebangsaan Austria. Lahir dari keluarga kecenderungan musik yang kuat, Ketika ia berusia lima tahun, ayahnya Franz Theodor Schubert sudah mengajarkannya berbagai hal tentang musik.


Kejeniusan Franz Schubert mulai muncul dengan sendirinya dalam komposisi yang telah ia buat. Saat itu, Atonio Salieri, seorang komposer musik terkemuka melihat bakat yang ada dalam diri Schubert sehingga memutuskan untuk melatihnya dalam bidang komposisi musik dan teori musik.

Namanya selalu dikenang oleh para seniman di dunia. Franz Schubert sempat menulis sekitar 600 “lieder” (musik untuk vokal atau permainan piano tunggal), 9 simfoni, salah satunya adalah “Unfinished Symphony” yang melegenda, musik liturigi, dan banyak lainnya. Selain itu, dia juga terkenal karena keorisinalitasan melodi dan harmoni yang disusunnya.

e. Felix Mendelssohn 1809-1847



Datang dari keluarga kaya dan berbakat dalam musik. Mendelssohn adalah komponis gemilang yang sudah mulai berkarya sejak ia berusia 11 tahun. Semasa hidupnya, yang hanya 38 tahun Mendelssohn menciptakan sejumlah besar karya dan berjasa bagi dunia musik. Pada umur 18 tahun, dia menciptakan karya terhebatnya Midsummer Night's Dream.

f. Johannes Brahms 1833-1897 



Brahms lahir di Hamburg, Jerman, namun kemudian banyak berkarya di Wina, Austria.


Pada masa hidupnya, Brahms sangat populer dan berpengaruh dalam dunia musik.

Brahms membuat komposisi musik untuk piano, ansambel musik kamar, orkestra simfoni, dan untuk penyanyi serta paduan suara.

Sebagai seorang pianis yang mahir, ia sering kali menampilkan sendiri karya-karyanya secara perdana. Dia juga bekerja sama dengan penampil-penampil utama pada masanya, termasuk pianis Clara Schumann (istri komponis Robert Schumann).

Banyak karyanya merupakan bagian dari repertoar standar konser klasik hingga saat ini. Salah satu karyanya yang paling terkenal ialah Wiegenlied, Op. 49 No. 4 (“Lagu Nina Bobo”, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Brahms’ Lullaby).

3. ROMANTIS


a. Carl Maria von Weber 1786-1826



Von Weber merupakan seorang komposer, konduktor, pemain piano, dan kritikus berkebangsaan jerman. Weber menulis beberapa musik paling romantis yang pernah ditulis. Salah satu karyanya yang terkenal yaitu: "Cantata Der erste Ton for chorus and orchestra op.14 J.58 (1808 / revised 1810)"

b. Frederic Chopin 1810-1849



Chopin adalah seorang “Penyair piano sejati”. Ia mulai belajar piano dan dipanggil “Mozart Yang Lain” ketika usianya enam tahun.


Ia mulai membuat “picisan” karyanya pada 1817 ketika usianya menginjak 7 tahun, komposisi itu tiada lain tiada bukan adalah Polonaise no. 1 in G Minor dan Polonaise no. 2 in B – flat Mayor.
Pada usia itu juga ia pertama kali perform di depan publik, dengan memainkan Piano Concerto milik Gywortez.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli radiologi dan ahli saraf dari Spanyol, Komposer Frédéric Chopin ini adalah seorang penderita epilepsi.

Hampir sepanjang hidupnya ia bermasalah dengan kesehatan akibat masalah pernapasan dan demam. Kondisi paru-paru dipastikan penyebab kematian Chopin.

Tapi, berdasarkan biografi dan surat-surat Chopin, Várquez menemui beberapa deskripsi mengenai kejang-kejang. Sebelumnya, gejala ini tidak pernah disebutkan.

c. Franz Liszt 1811-1886



Tidak diragukan lagi Franz Liszt adalah salah satu pianis yang paling berbakat di dunia yang pernah dilihat. Dia telah bermain di konser sejak usia sembilan tahun.


Sulit melukiskan tentang dirinya karena ia seorang yang sangat kompleks. Dalam pandangan dunia, ia tampaknya memiliki segalanya: kepribadian yang menarik, energi dan kekuatan yang luar biasa, tampan, mampu mendapatkan apa yang dinginkannya dari orang-orang, ditambah bakat musik yang besar.

Namun, dalam batinnya sesungguhnya ia seorang yang gelisah dan tidak bahagia. Franz Liszt mungkin merupakan maestro terbesar dari semua alat musik dengan papan tuts yang pernah dikenal dunia, bukan hanya karena prestasinya yang sangat banyak, melainkan juga karena tuntutan teknik yang luar biasa dalam memainkan musik pianonya.


d. Richard Wagner 1813-1883



Awalnya Richard Wagner ini ingin menjadi seorang penyair. Tapi ketika pada 16 tahun ia menonton pertunjukan perdana opera karya Beethoven "Fidelio", dari sanalah cita-citanya berubah ingin menjadi komponis. 1831 selama kuliah musik, ia mengembangkan rencana menulis opera pertamanya. Untuk itu ia menulis sendiri teksnya, cara kerja yang dilakukan sepanjang hidupnya.


Musiknya sampai sekarang masih sering dimainkan, yang paling terkenal adalah "Ride of the Valkyries" dari Die Walküre dan "Bridal Chorus" dari Lohengrin.
Wagner juga merupakan seorang tokoh yang sangat kontroversial, karena inovasi musik dan inovasi dramanya dan juga karena dia adalah seorang pendukung pemikiran-pemikiran anti semitisme.

e. Richard Strauss 1864-1949


Pada usia lima tahun, Strauss telah mulai belajar memainkan piano dan setahun kemudian dia telah belajar menulis kompososi musik. Tahun 1874, ia belajar di Royal Grammar School dan kemudian aktif menciptakan komposisi untuk berbagai opera.


Pada tahun 1936, Strauss mendapat medali emas dari Royal Philharmonic Society's di London. Salah satu karya Strauss berjudul Metamorphosen yang ditulisnya tahun 1945 untuk mengenang pengeboman atas opera di Munich, Dresden and Wina.

4. NASIONALIS


a. Antonin Dvorak 1841-1904



Antonin Dvorak, lahir di sebuah desa Bohemia di mana ayahnya adalah seorang pemilik penginapan dan daging.

Antara 1892 dan 1895 dia menghabiskan beberapa waktu di Amerika Serikat sebagai direktur baru Konservatorium Nasional, periode yang membawa komposisi yang menggabungkan pengaruh Amerika dan Bohemia.

b. Jean Sibelius 1865-1957 


Jean merupakan seorang komponis finlandia yang mengarang musik klasik, dan merupakan salah seorang komponis yang paling populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.


Musik dan kecerdasannya telah memainkan peranan penting dalam membentuk identitas nasional Finlandia.

c. Mikhail Glinka 1804-1857 



Glinka merupakan anak dari keluarga kelas menengah atas di Rusia. Ia mendapatkan sebuah julukan "Bapak Musik Rusia." Dengan sedikit pelatihan formal, Glinka menulis banyak potongan-potongan yang benar-benar menetes esensi dari lagu-lagu rakyat dari para petani Rusia.


Musiknya menjabat sebagai contoh bagi kebanyakan setiap komposer Rusia yang datang setelah dia.

d. Peter Tchaikovsky 1840-1893


Tchaikovsky lahir anak seorang insinyur pertambangan dan belajar piano pada usia dini. Tapi dia tidak memilih musik sebagai panggilannya. Ia belajar dan menjadi seorang pengacara.

Tapi, tak lama kemudian, ia berhenti praktek dan pergi untuk menulis musik.

Meskipun bukan seorang pianis konser, Tchaikovsky pernah menggubah salah satu konserto yang paling hebat, yaitu Piano Concerto in B Flat.

Ia mempersembahkan konserto ini untuk temannya Nicholas Rubinstein, yang memberitahunya bahwa karya itu mustahil untuk dimainkan.

e. Sergei Rachmaninoff  1873-1943



Sergei adalah lambang komposer patriotik Rusia. Datang dari keluarga seorang perwira tentara dan ibunya ahli waris yang kaya. Rachmaninoff berasal dari keluarga berbakat musik, baik ayah dan kakeknya bermain piano.


Dia mulai belajar piano pada usia 6 tahun dengan ibunya yang seorang pianis terlatih. Sergei adalah anak yang bermasalah, namun memiliki talenta luar biasa dalam permainan piano. Dan pada usia sembilan tahun, dia mampu masuk di College of Music di St. Petersburg.

Karena merasa kemampuannya diatas rata rata, dan juga tumpukan masalah keluarganya, Sergei tidak banyak fokus pada kuliahnya, sayangnya karena itu, pada tahun 1885 dia gagal pada semua ujian di ST. Petersburg dan karena masalah kedisiplinan,

Sergei dipindahkan ke Moskow untuk “didisiplinkan” bersama Nikolai Zvereff.
Zvereff merupakan salah satu guru musik terkemuka yang mengajar di Konservatorium Moskow.


f. Aaron Copland 1900-1990



Lahir di Brooklyn, orangtuanya merupakan imigran Rusia, Aaron membawa Rusia ultra-patriotisme musik Amerika.


Copland menulis potongan musik yang menceritakan cerita rakyat Amerika. yang menanamkan unsur barat dan jazz.

Copland hidup dengan tidak menikah, menurut pengakuan keponakannya yang bernama Felice Marlin, Keluarganya menyebut Aaron menikah dengan musik.

Beberapa karyanya yaitu Piano Variation (1930; Short Symphony (1933), dan karya terbaik Music for the Theatre (1925), juga simfoni musik jazz berjudul Quiet City tahun 1940.

Itulah 20 Komponis Terkenal Dunia Sepanjang Masa. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan semoga bermanfaat.