Wow.! Ternyata Kanada Mempunyai Alat Musik Yang Unik

Wow.! Ternyata Kanada Mempunyai Alat Musik Yang Unik -- Berbicara tentang musik tentunya kita tidak bisa lepas pada instrumen yang dimainkan seperti drum, gitar, keyboard dsb.

Namun disini ada hal menarik yang akan kita bahas yaitu alat musik yang tidak biasa dipergunakan dalam pertunjukan musik yaitu alat musik Hydralauphone.


"Apa itu alat musik Hydralauphone".?

Hydralauphone merupakan alat musik eksperimental yang menggunakan media air untuk menghasilkan bunyi. Alat ini di penuhi banyak lubang dan bentuknya seperti pipa memanjang.

Alat musik ini pertama kali diperkenalkan oleh Steve Mann yaitu seorang profesor dari Universitas Toronto pada acara International Computer Music Conference 2007 (ICMC 2007). Acara ICMC 2007 ini dilangsungkan di Copenhagen, Kanada, pada tanggal 28 Agustus 2007.

Ada hydralauphone yang berlubang 12 dan juga ada yang berlubang 45. Alat ini terisi penuh oleh air dan kemudian air tersebut akan keluar melalui lubang-lubang yang terdapat di bagian atas hydralauphone. 

Salah satu hydralauphone yang terbesar berada pada saat ini terdapat di Ontario Science Center. 
Di tempat ini, kita dapat memainkan hydraulophone selama 24 jam.


Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara menekan lubang-lubang air yang terdapat pada instrumen tersebut, sehingga air yang keluar dari lubang ini membentuk kemiringan tertentu sesuai dengan nada yang ingin kita hasilkan. 

Hydralauphone ada yang dilengkapi dengan reed dan juga dilengkapi dengan fipple. Dari reed dan fipple inilah suara dihasilkan.
Ada hydralauphone yang hanya dilengkapi dengan satu reed, beberapa reed, dan ada juga yang mempunyai jumlah reed yang sama dengan jumlah lubang hydralauphone.

Begitu juga dengan hydralauphone yang mempunyai 1 fipple, 2 fipple, dan ada juga yang mempunyai jumlah fipple sesuai dengan jumlah lubang hydralauphone. 
Hydralauphone dapat dihubungkan dengan amplifier untuk menghasilkan suara elektrik. Namun, jika ingin menghasilkan suara akuistik, kita tidak perlu menghubungkannya dengan amplifier.

Berdasarkan jumlah lubangnya, hydralauphone dapat dibedakan menjadi dua :


1. Diatonik hydralauphone


Memiliki 12 lubang air. Jenis ini mampu mencapai nada setinggi satu setengah oktaf.
Alat ini diletakkan di taman bermain atau kolam renang. Jenis ini biasanya dimainkan untuk bersenang-senang.

2. Chromatic hydralauphone

Memiliki 45 lubang air. Jenis ini mampu mencapai nada setinggi tiga setengah oktaf. Alat ini biasanya disebut concert hydralauphones dan alat ini dimainkan secara serius dalam sebuah pertunjukan musik.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang alat musik hydralauphone. Keren ya.!

Ingin mencoba untuk memainkannya.? 

Sayangnya untuk saat ini Hydralauphone hanya terdapat di negara Kanada, Semoga kedepannya alat musik ini terus dikembangkan agar dapat dimainkan diberbagai pertunjukan musik dunia. :)