Lagu-lagu yang Terinspirasi dari Novel

Lagu-lagu yang Terinspirasi dari Novel -- Ketika sebuah lagu tercipta dan terinspirasi dari sebuah novel, rasanya hal ini cukup menarik untuk ditelusuri.

Selain karena terciptanya karya tersebut dari sebuah karya, juga karena bagaimana proses lagu tersebut tercipta. Di mana sebuah teks kemudian diinterpretasikan ke dalam audio atau mungkin diinterpretasikan kembali ke dalam teks di lirik lagu tersebut.

Berikut merupakan Lagu-lagu yang Terinspirasi dari Novel :

1. David Bowie - 1984



Lagu yang berdurasi 3 menit 27 detik ini ditulis oleh David Bowie pada tahun 1973. Lagu “1984” ini terinspirasi dari novel science fiction “Nineteen Eighty-Four” karya George Orwell.

David Bowie begitu menyukai cerita yang ada di novel tersebut sehingga mengadaptasi sebuah plot 1984, dimana sebuah karakter fiksi Winston Smith sedang di interogasi oleh O’Brien, dari cerita tersebut, David Bowie menginterpretasikannya ke dalam lirik-liriknya. Lagu “1984” terdapat di album Diamond Dogs yang dirilis pada tahun 1974 oleh RCA Records.

2. Radiohead - 2 + 2 = 5



Selain David Bowie, Radiohead pun menulis lagu “2 + 2 = 5” yang terinspirasi dari novel “Nineteen Eighty-Four” nya George Orwell. Lagu yang terdapat di album Hail to the Thief ini merupakan adaptasi cerita dari novel tersebut yang menceritakan tentang ‘symbol of unreality’.

3. Coldplay - 42 



Lagu yang terdapat di album Viva la Vida or Death and All His Friends ini cukup unik. “42” ini terdiri dari 3 bagian dan tanpa chorus. Lagu ini pun terdapat di album LeftRightLeftRightLeft dalam versi live. Coldplay menulis lagu “42” ini karena terinspirasi oleh novel yang berjudul “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy” karya Douglas Adams.

4. R.E.M - 7 Chinese Brothers



Lagu ini terinspirasi dari buku anak kecil yang berjudul “The Five Chinese Brothers” pada tahun 1938. Buku ini memiliki sebuah kisah bangsa China yang kuno, di dalamnya menceritakan tentang seorang keluarga yang memiliki kekuatan supranatural seperti kemampuan menampung dan menahan lautan lewat mulutnya. “7 Chinese Brothers” terdapat di album ke-2 R.E.M yang berjudul Reckoning yang dirilis pada tahun 1984 oleh I.R.S.

6. Manic Street Preachers - A Billion Balconies Facing the Sun



Lagu yang terdapat di album Postcards from a Young Man ini ditulis oleh Manic Street Preachers dan terinspirasi novel karya J.G. Ballard yang berjudul “Cocaine Nights”.

Dalam novel tersebut tersurat “A billion balconies facing the sun; still, it means a final goodbye to wars and ideologies”. Lagu ini pun dibantu oleh ex-bassist Gun N’ Roses, Duff McKagan.

7. Anthrax - Among the Living



Anthrax menulis lagu ini karena terinspirasi oleh salah satu novel terbaik Stephen King yang berjudul “The Stand”. Among the Living juga merupakan judul album yang dirilis pada tahun 1987 oleh Megaforce.

Dalam buku tersebut diceritakan tentang penyebaran sebuah virus, lalu Anthrax pun menuliskan kalimat “Disease! Disease! Spreading the disease!”.

8. Metallica - One



Lagu ini terdapat di album ke-4 Metallica yang berjudul …And Justice for All yang dirilis pada tahun 1989 oleh Elektra. “One” terinspirasi dari novel tahun 1939 karya Dalton Trumbo yang berjudul “Johnny Got His Gun”. Aplikasi cerita novel yang menceritakan tentang locked-in syndrome ini berhasil dituangkan ke dalam lirik “One”.

9. MGMT - Mystery Disease



Lagu ini terdapat di album terbaru MGMT berjudul MGMT (self titled). Andrew VanWyngarden menyatakan bahwa lagu ini terinspirasi dari buku Steven Martin yang berjudul Opium Fiend yang menceritakan tentang perjalanan dan pengalaman Martin di negara-negara Asia Tenggara dengan meneliti opium di beberapa negaranya.

10. The Cure - Killing an Arab



Lagu ini merupakan single pertama The Cure dalam karir perjalanan musiknya. “Killing an Arab” dirilis pada tahun 1979 dan direkam setahun sebelumnya.

The Cure menulis lagu ini terinspirasi oleh buku yang sangat terkenal berjudul “The Stranger”. Buku ini ditulis oleh Albert Camus dan dicetak pada tahun 1942, juga mendapatkan Nobel Prize untuk literatur pada tahun 1957.

Buku ini menceritakan tentang seseorang yang terbunuh di salah satu pantai di Arab, kemudian ada gejolak dari perasaan atas kematian seseorang tersebut.

11. Pink Floyd - Chapter 24


 

Lagu ini terdapat di album The Piper at the Gates of Dawn yang dirilis pada tahun 1967 oleh EMI Columbia. “Chapter 24” ditulis oleh Syd Barrett dan liriknya terinspirasi dari buku kuno China yang berjudul “I Ching (The Book of Changes)”. Buku ini menceritakan tentang perbandingan sistem dan nilai budaya barat dan timur yang diinterpretasikan oleh Barrett menjadi sangat puitis.

Itulah tadi Lagu-lagu yang Terinspirasi dari Novel, adapun tambahan maupun saran silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat, terima kasih :)