Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Halo Sobat, kali ini musikitabro akan mengupas tema Jenis Plugins apa yang kompatibel dengan Pro Tools M-Powered beserta kelebihannya. Kita mungkin sering bertanya-tanya apakah kita dapat menggunakan plugins selain milik Pro Tools M-Powered.? Kalaupun bisa, lantas plugins apa saja yang dapat digunakan ke dalam produk digidesign tersebut?

Nah, ternyata dalam hal ini sobat bisa menggunakan plugins yang bukan keluaran Digidesign, dimana secara tidak langsung merupakan keuntungan tersendiri dalam segi musikalitas. ya, ketika Sobat membuat sebuah project yang membutuhkan banyak sound yang tidak dimiliki oleh produk M-Powered, hal itu akan terasa sangat membantu.

Perlu diketahui ternyata dipasaran banyak sekali VSTi yang kompatibel dengan M-Powered, namun itu semua tergantung kebutuhan dan selera Sobat. Hampir dipastikan semua yang berlabel VSTi kompatibel saat diaplikasikan didalam Protools M-Powered, semisal : spectrasonics omnisphere, collossus, kompakt, Reason, toontrack, amplitube, addictive drum, dll. Semuanya itu adalah VSTi raksasa.!
Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Nah, oleh sebab disini musikitabro akan memberikan sedikit gambaran jenis plugins yang kompatibel dengan Protools M-Powered, dan beberapa kelebihan yang dimiliki setiap VSTi tersebut. Namun kadangkala ada beberapa kendala yang secara teknis mungkin sedikit menghambat ketika Sobat memiliki VSTi tersebut. Salah satu kendala yang sering kita jumpai adalah masalah space pada hard disk, karena VSTi yang kami sebutkan diatas rata-rata akan mengambil space hard disk dalam jumlah yang lumayan besar kecuali untuk VSTi Reason.

Disini musikitabro sarankan, minimal sobat mempunyai kapasitas hard disk yang free sekitar 120 GB agar tidak menyia-nyiakan VSTi Sobat yang terlanjur dibeli namun tidak dapat dipakai hanya karena hard disk yang tidak mempunyai space kosong. Selain itu apabila sobat mempunyai RAM 1 GB, alagkah baiknya jika sobat dapat mengupgrade menjadi 2 GB agar ketika menjalankan M-Powered dan VSTi tersebut tidak terjadi kendala atau “hang” secara tiba-tiba.

Berikut Ini Jenis Plugins Yang Kompatibel Untuk Dapat Diaplikasikan Dengan Pro Tools M-Powered.

1. Spectrasonics omnisphere

Spectrasonics omnisphere yang merupakan penerus spectrasonics populer yaitu VSTi atmosfer instrument, pulg-in ini menggabungkan berbagai teknik sintesis realtime hibrida dan fitur-fitur inovatif yang belum pernah ada sebelumnya dalam VSTi synthesizer.

Omnisphere dirancang dengan user interface yang unik hingga mampu memudahkan penggunanaan bagi sobat yang terinspirasi oleh sound yang unik dan menyesuaikannya sesuai keinginan sobat dengan cara yang mudah hingga Sobat dapat mengeksplorasi sesuai kebutuhan dengan cara memanipulasi sound-sound yang sudah ada.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Disini Sobat juga disediakan fitur-fitur yang sangat unik, seperti : host hibrida sintesis, waveshaping dsp variabel sintesis, sintesis granular, timbre shifting, fm, polyphonic ring modulation, streaming sample playback yang mempunyai resolusi tinggi, harmonia, dual filter multimode struktur, envelopes chaos, inovatif flex-mod, dan modulasi sistem routing.

2. Amplitube
Bagaimana bila sobat membutuhkan suara gitar dan ampli merk tertentu namun harganya selangit dan Sobat merasa tidak akan pernah mungkin untuk membelinya? Jangan khawatir karena ada banyak solusi untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan menggunakan VST yang bernama Amplitube.

Semisal Sobat membutuhkan karakter sound yang dihasilkan oleh Fender, Sobat cukup mencari AmpliTube Fender, dimana menjadi salah satu fitur andalan Amplitube yang secara tampilan dan rasa mengkondisikan Sobat seperti benar-benar memiliki perangkat sebenarnya, belum lagi bas Amp dan FX suite. Dari sound klasik dan modern VST ini memiliki '65 twin reverb, '57 deluxe, '59 bassman ltd, '64 vibroverb custom, super-sonic, metalhead dan lain sebagainya. Sobat akan dimanjakan oleh VST ini.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Apapun genre musik Sobat, entah itu blues, jazz, rock, punk ataupun metal, Sobat tidak perlu khawatir karena disini disediakan berbagai fitur yang menunjang karakter sound berbagai genre, baik berupa head, cabinet, microphone, panel, room, dan stomp box, serta Sobat dapat men-setting-nya sesuai dengan selera sound gitar atau bass yang diinginkan.

3. Addictive Drum

Jika Sobat membutuhkan suara drum yang sesuai dengan karakter musik Sobat, namun tidak ingin melakukan sesi take drum di studio yang memerlukan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit, VSTi addictive drum dapat membantu mewujudkan keinginan Sobat.

Fitur-fitur yang terdapat dalam addictive drum dijamin membuat Sobat akan memahaminya dengan cepat, hanya memilih preset dan Sobat dapat mulai mengedit track drum sesuai dengan selera Sobat. Simple dan Powerful.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Dengan mengedit dan menyisipkan beberapa efek, menambahkan reverb, atau hanya memilih preset yang lain kemudian simpan track yang sudah Sobat buat sebagai user preset. Selanjutnya preset bekerja dengan semua file midi yang dapat dimainkan dengan berbagai style yang berbeda. Mudah bukan?

Dengan 30 preset baru dalam style electronica, bermacam-macam jenis genre poprock, hardrock dan eksperimental menambahkan kategori ke dalam 100 preset sehingga memberikan ruang untuk mengeksplor musik Sobat layaknya seorang drummer yang berpengalaman.

4. Reason 4

Ternyata tak hanya VSTi saja, sistem rewire juga dapat bekerja dengan baik, contohnya dengan Reason 4, yang dapat dengan mudah dikoneksikan dengan Pro Tools M-Powered?, Tentunya otomatis Sobat dapat menggunakan VSTi Reason di M-Powered. Dengan banyak kelebihan dan tampilan baru, Sobat dapat menuangkan ide-ide Sobat ke dalam musik melalui sequencer yang ada pada VSTi Reason, dengan tampilan yang terpisah dan panel yang mudah dipahami. Selain itu terdapat fitur baru dan versi update yang membantu kinerja lebih cepat. Tak hanya berhenti di tampilan saja yang diperbaharui, tentunya dengan penambahan sound-sound yang lebih unik dan lebih banyak dari VSTi Reason sebelumnya.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Rpg-8 merupakan instrumen yang digunakan para pecinta arpegio. Beberapa pengguna arpegio mengatakan cukup puas dengan menggunakan fitur-fitur yang ada untuk membuat sebuah melodi yang berirama hanya dengan mengubah akord ke nada yang diinginkan. Instrumen ini memberi Sobat kendali penuh untuk bereksplorasi dan meningkatkan kreatifitas Sobat dalam menyusun komposisi musik. Banyak pula musisi yang memanfaatkan fitur-fitur ini ketika sedang live perform maupun recording, karena Sobat dapat membuat sampel yang dapat diolah maupun diedit untuk memberikan suatu nuansa yang berbeda pada lagu yang Sobat buat.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Untuk Reason sendiri disediakan juga fitur-fitur yang canggih seperti mixer untuk mengatur volume, panning, low, high, middle, dan lain-lain pada setiap instrumen yang Sobat butuhkan. Maka Sobat dapat mengatur dengan meletakkan suara di setiap instrumen yang Sobat inginkan agar tidak berbenturan satu sama lain, dan juga terdapat karakter mixer yang dapat Sobat eksplorasi disini. Selain itu juga terdapat efek-efek, seperti : hall, plate, reverb, compresor, stereo image, combinator dan lain-lain.

Jenis-jenis plugins yang kompatibel dengan protools m-powered

Mengupas jenis plugins apa saja yang kompatibel dengan Protools M-Powered tidak akan pernah habis. Jadi jangan pernah khawatir akan kehabisan ide kreativitas dalam menciptakan sebuah karya. Yang pasti teruslah berkarya untuk kemajuan bangsa bersama, Semoga sukses dengan karya-karyanya. :)

No comments

Powered by Blogger.