Tips memilih piano digital baru maupun bekas


Membeli sebuah piano digital bisa menjadi sebuah keputusan yang cukup rumit, terutama jika sobat kurang pengalaman dan pengetahuan dalam hal alat musik piano. Nah, dengan adanya artikel ini semoga saja dapat membantu sobat dalam hal memilih piano baik itu yang bekas maupun yang baru. Disini musikitabro akan memberikan beberapa tips buat sobat agar tidak salah dalam membeli piano baru dan bekas.

Sebelum kita masuk ke pembahasan alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu. Apa itu piano digital.? berikut penjelasan musikitabro tentang piano dan ciri-cirinya.

Piano digital banyak memiliki perbedaan dibanding piano akustik. Piano digital adalah "salinan" dari kinerja sebuah piano akustik. Akan tetapi, piano digital tidak memiliki hammer ataupun senar melainkan sebuah contoh suara digital, sebuah amplifier, dan speaker. Piano digital dibuat untuk menirukan suara piano akustik yang asli. Banyak orang sekarang lebih suka untuk memiliki piano digital. Hal ini disebabkan oleh bentuk nya yang lebih ringkas sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, hampir tidak membutuhkan perawatan secara berkala, volume suara bisa diatur, dan banyaknya pilihan suara selain hanya suara piano.

Yang perlu sobat ketahui ketika sedang belanja sebuah piano digital ini adalah seberapa dekat piano ini menyamai "ke-akustikan" piano asli dalam hal suara,rasa, kemiripan seperti piano asli nya. Apakah tutsnya bergerak seperti tuts piano asli yang biasa sobat mainkan? Kadang, dan seringkali, beberapa piano digital mempunyai hammer tiruan yang kurang baik yang menyebabkan suara digitalnya jadi kurang bagus untuk didengar, jadi bawalah sebuah headphones untuk mengantisipasi hal ini. Inilah salah satu keuntungan piano digital dibanding piano akustik, yaitu bisa dimainkan dengan bisu dan hanya bersuara via headset, jadi sobat bisa bermain sekeras apapun tanpa terdengar oleh lingkungan sekitar.

Selain itu headset bisa membantu sobat untuk merasakan perbedaan kualitas suara piano digitalnya, yang tak bisa dideteksi jika melalui speaker. Tidak usah ragu untuk membandingkan merk-merk piano digital untuk mendapatkan mana yang memiliki suara terbaik. Bukan masalah merk dan harga yang menjadikan sebuah piano digital memiliki suara indah. Itu semua akan tergantung selera sobat, karena keindahan adalah realtif.

Juga jangan lupa untuk memeriksa kualitas suaranya ketika volume dinaik turunkan apakah menjadi pecah atau tidak. Piano digital yang baik harusnya memiliki konsistenitas yang baik dalam tingkat berapapun volumenya diatur. Juga cek suaranya sampai durasi suaranya habis. Apa suaranya terlalu cepat habis atau terlalu lama? Jika ada piano akustik, bandingkan durasi suaranya dengan memainkan melodi atau akord. Periksa kembali durasi suara piano digital tersebut.

Periksa juga darimana suaranya keluar, suara treble (tinggi) biasanya keluar lebih banyak dari speaker kanan dan suara rendah biasanya keluar lebih banyak dari speaker kiri

Coba juga untuk menahan pedal sustain sambil memainkan dua not C di oktaf terbawah untuk memeriksa polyphony (jumlah not maksimal yang bisa berbunyi dalam satu waktu) piano digital tersebut. Jika piano itu bagus, anda bisa mendengar kedua not C bawah sedang berbunyi bersamaan. Kebanyakan piano digital yang tidak begitu bagus akan hanya bisa membunyikan satu not bawah atau suara salah satu not nya ada yang terpotong karena polyphony nya tidak banyak.

Apakah piano digital yang sobat mainkan mudah digunakan? Periksa desain nya dan lihat apakah sobat dapat dengan mudah memahami layout modelnya. Periksa apakah tombol-tombol nya berguna atau hanya meramaikan. Pastikan juga tombol tombol special effect seperti pengganti suara, pembunyi rhytm, jauh dari tuts karena bisa saja tombol tersebut terpukul secara tidak sengaja saat tengah bermain.

Periksa buku panduan pemiliknya untuk pengaturan steman. Beberapa piano digital bisa dirubah stemannya, ini berguna jika nantinya sobat mengiringi sebuah alat musik fals yang tidak bisa distem. Pastikan juga piano digital tersebut bisa di transpose, jadi nantinya sobat bisa bermain berbagai lagu dari satu kunci/tonalitas saja.

Kebanyakan piano digital memiliki banyak jenis suara alat musik bahkan suara suara efek. Ada yang memiliki suara peluit, suara gema, gitar dan suara selain piano yang lain. Dan pastikan juga piano Anda bisa dipasang atau memiliki pedal sustain. Hal ini biasanya terjadi di keyboard yang sistem pedalnya on off di tangan. Pastikan keyboard itu punya pedal sustain.

Selain hal-hal diatas, aksesoris lain seperti amplifier dan speaker harus cocok dengan model apapun. Piano digital Anda mungkin bagus tapi jika dicolok ke amplifier yang kurang cocok atau mungkin berukuran lebih besar, suaranya jadi kurang optimal. Hal ini tidak jadi masalah besar jika piano digitalnya sudah memiliki speaker.

Terakhir, jika sobat masih ragu juga akan kemampuan memilih piano digital atau keyboard yang bagus, mintalah pertolongan teman yang sudah ahli dalam hal ini. Pilihlah teman sobat yang sedikit mengetahui tentang piano atau akan lebih baik lagi pilih seorang professional dalam hal suara digital piano.

Sedikit tambahan dari musikitabro disini yaitu, tiga hal yang harus diperhatikan ketika memilih piano digital pertama :

88 Key Weighted Action

Hal pertama yang harus sobat perhatikan pada digital piano, antara lain adalah yang memiliki Hammer action akan semakin berat. Roland membuat action yang disebut PHA, atau Progressive Hammer Action. Teknologi ini sekarang dalam Generasi ke-4 dan versi terbaru menawarkan keytouch paling canggih yang pernah ada; bahkan ada dalam digital piano entry-level! Ada banyak piano dengan harga murah yang menggunakan pegas dan berat untuk mensimulasikan mekanisme hammer, tanpa menggunakan hammer yang sebenarnya. Ini merupakan perbedaan yang penting, dengan hammer action yang tepat akan memberikan murid pengalaman terbaik. Material terbaru seperti feel (rasa) tut sintesis atas yang menyerupai gading juga ditambahkan ke dalam piano.

Tone Generator

Tone Generator mengacu pada bagaimana piano digital menciptakan suara. Biasanya piano digital akan melakukan pemutaran rekaman sebuah grand piano akustik untuk menghasilkan suara. Sebuah sound engine yang benar-benar baik akan memiliki kombinasi sampling dan permodelan. Sebuah spesifikasi yang baik memiliki 128 note polifoni. Hal ini memungkinkan piano mainkan musik yang paling komplek tanpa ada bagian note yang terputus. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan piano dengan suara yang besar. Piano seperti Roland F-20 Digital Piano menggunakan sound engine piano Super Natural dari Roland untuk akustik terbaik seperti yang biasa dengar.

Konektivitas

Keterlibatan murid dalam merawat piano merupakan salah satu tantangan terbesar, terutama pada saat awal ketika mereka mulai belajar dasar-dasar bermain piano. Setelah mereka mampu memainkan beberapa lagu, sangat menyenangkan dan tidak berhenti memainkannya, sampai pada suatu titik kemampuannya untuk memainkan beberapa lagu tergantung pada murid tersebut.

Perangkat mobile dan tablet sekarang bisa dihubungkan secara nirkabel untuk berbagai piano Roland. Menggunakan adaptor nirkabel murah, iPhone atau iPad dapat dihubungkan ke Piano dan berbagai aplikasi gratis yang dapat digunakan. Seperti Air Performer, yang memungkinkan user untuk streaming lagu-lagu langsung dari iTunes library. Piano Partner merupakan aplikasi gratis lainnya, yang memungkinkan untuk mengontrol fungsi yang berbeda pada piano dan memiliki ear training dan latihan notasi pada board.

Disamping hal di atas, disini musikitaro juga akan memberikan sedikit tips yang dapat sobat jadikan referensi dalam hal membeli piano bekas, Apa saja itu?

Inilah tahapan atau tips untuk mendapatkan piano Second/Bekas agar sobat tidak salah memilih dan mendapatkan piano yang terbaik dengan budget yang terjangkau dengan pilihan membeli piano bekas.

1.Mainkan dan dengarkan suaranya.

Membeli piano yang harus diperhatikan adalah suaranya karena dari piano yang dibeli adalah suaranya. Cari karakter suara piano yang nyaring dan keras suaranya. Mainkan beberapa lagu yang lembut dan lagu yang keras maka akan terlihat atau terdengar karakter suara piano tersebut apakah piano yang akan anda pilih suaranya keras/nyaring atau mendem(volume tidak terdengar keras).

2.Lihat seluruh Body Piano.

Periksa seluruh Body Piano, apakah ada yang lecet-lecet gompal atau bahkan somplak. Piano bekas yang baik adalah apa adanya tidak terlalu mulus(finising cat). Hati-hati bila piano terlihat cat/body finisingnya bagus dan mulus, biasanya piano tersebut telah direkondisi(cat ulang). Piano bagus dan mulus yang seperti ini memang terlihat menarik dan mewah(prestise), tapi dalam jangka waktu paling lama tiga bulan kedepan cat biasanya akan retak-retak(mengelupas catnya).

3.Periksa Soundboard (Papan yang menghasilkan suara piano).

Soundboard adalah kayu yang ada di belakang piano yang seratnya lurus (kayu siprus). Apakah Soundboard kondisinya baik atau keropos, lapuk atau bahkan bekas banjir. Soundboard sangat penting keadaanya untuk sebuah piano dan sangat menentukan karakter suara piano tersebut bagus layak pakai atau tidak.

4.Periksa Mekanik Piano.

Pertama kalau Topboard(penutup diatas tuts piano) dibuka akan terlihat Hammer/pemukul piano rata atau tidak. Mekanik yang baik adalah terlihat rata tidak ada hammer yang menonjol keluar dari barisan hammer.

5.Periksa Kesetabilan Tuts.

Coba tekan tuts satu persatu ada yang macet atau tidak(bila ditekan tidak balik lagi berarti kondisi tuts piano Rusak/macet) Tekan dengan satu jari dari kanan kekiri dan dari kiri kekanan(tidak menekan satu-satu lalu diangkat, tapi secara bergantian dengan jari tangan berjalan diatas tuts piano) Bila satu jari tangan berjalan memaikan tuts piano tersebut, berarti piana dalam kondisi bagus dan sebaliknya bila jari tidak berjalan diatas tuts piano, tuts piano tersebuat tidak layak untuk dipakai.

6.Periksa String/senar piano.

String piano yang baik dan bagus tidak berkarat dan terlihat bersih, walaupun tidak sebersih piano baru.

7.Merk dan Type.

Tanyakan merk dan type piano tersebut dan catat no seri pianonya.

8.Tanyakan product dari Negara mana.

Product dari negara mana? product import atau lokal, (piano ada dua jenis yaitu produksi Eropa dan Asia) produksi berdasarkan negara dari Jerman, Jepang, Amerika, Korea China atau lokal Indonesia. Cek asal merek piano tersebut apakah penjual mengetahui product yang ia jual atau tidak. Cek piano tersebut di Internet.

9.Tanyakan Garansinya.

Jangan tergiur dengan Garansi yang panjang. Garansi untuk piano second biasanaya 2 tahun dan include perawatan stem 3x, bangku piano, cover piano/tutup piano, cover tuts, heater/pemanas piano, anti Tikus.

10. Tanyakan Deliveri/pengirimanya.

Membeli piano dalam kota sudah termasuk ongkos kirim. Bila Pembeli luar kota pengiriman tergantung kesepakatan, ongkos kirim tergantung lokasi dan jasa exspedisinya.

11.Tanyakan Harganya.

Tanyakan harganya harga pas atau ada bisa discount, apakah bisa dengan pembayaran bertahap/angsuran, Tanyakan leasing mana yang akan di pakai.

12.Merk dan Type yang sama.

Bila Merk dan type sama, Coba bandingkan harga dengan toko lainya jangan sekali-kali menyampaikan kepada penjual sudah mengecek harga di toko tertentu, biasanya penjual kurang menyukai bila di bandingkan dengan toko penjual lainya(kompetiter).

13.Konsultan Piano.

Jangan sekali-kali meminta bantuan orang lain/guru piano untuk mengecek piano. Kalau meminta bantuan ke orang lain atau bahkan Guru piano untuk mengecek kondisi piano, perhatikan apakah dia mengarahkan ke toko tertentu? bila mengarahkan ke toko tertentu, biasanya orang tersebut sudah berhubungan dengan toko piano/penjual dan harga piano akan menjadi lebih tinggi/mahal. Tapi bila anda ada uang untuk itu tidak masalah anggap saja membayar jasa mereka bahwa piano tersebut kondisi dan suaranya baik. Sekali-kali ke toko lain dengan tidak membawa orang tersebut

Itulah tadi beberapa tips yang dapat musikitabro rangkum kali ini kepada sobat, dalam hal memilih piano baru maupun bekas. semoga bermanfaat, terima kasih :)

No comments

Powered by Blogger.