Tips merawat dan membersihkan piano yang benar

tips merawat dan membersihkan piano yang benar
Berbicara tentang cara merawat instrumen/alat musik, tentunya kita ingin agar alat musik yang kita miliki dapat bertahan lama dari waktu ke waktu tanpa ada sedikit kerusakan dalam hal suara maupun hal lainnya, Nah disini musikitabro akan mengupas sedikit tips agar alat musik yang sobat miliki dapat terawat dengan baik, Alat musik yang akan kita bahas kali ini yaitu piano.

Dalam hal merawat piano, sebenarnya kita tidak harus mempekerjakan seorang profesional, karena dalam hal perawatan piano ini sangat mudah, asalkan kita tahu poin-poin apa saja yang harus di jaga dalam hal perawatan intrumen piano. Disini merawat piano juga sobat sebaiknya harus berhati-hati terhadap berbagai bahan kimia khususnya yang berjenis semprotan karena berpotensi merusak permukaan halus piano, keys yang biasanya terbuat dari gading. Penanganan yang salah bisa membuat piano mahal sobat terlihat seperti sudah usang.

Ada beberapa produk diluar sana yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan pembersih terutama jika keys piano sobat terbuat dari gading, ebony dan plastik.

- 4 oz. Key-Brite Cleaner
- 4 oz. Super High Gloss Piano Polandia
- Cleaner Mesin kain microfiber dicuci
- Polisher Machine kain microfiber dicuci.

Itu adalah 4 jenis pembersih yang umum dan aman digunakan untuk menjaga bagian luar pianomu selalu nampak baru. Namun perlu sobat perhatikan juga tata cara membersihkan keys terutama yang berbahan dasar gading, sebab harus dilakukan dengan sangat lembut dan hanya menggunakan kain bersih. Jika tidak ingin ada noda sidik jari pada keys piano sobat wajib mencuci tangan sebelum memainkannya. Namun jika sudah kepalang ada noda sidik jari sobat bisa mengakalinya dengan menggunakan pasta gigi tanpa warna.

Pastikan menggosoknya dengan lembut, kemudian bilas dengan susu segar dengan kain bebas serat. Penting juga untuk tidak menutup piano terlalu lama agar jamur tidak berkembang. Jamur juga ternyata bisa menyebabkan warna kuning pada sela-sela keys piano. Gunakan juga secara rutin alat penghisap debu untuk menyingkirkan debu / jaring laba-laba. Jangan gunakan air atau cairan / bahan kimia saat membersihkan debu dan jaring laba-laba, cukup bersihkan dengan kain lembut saja.

Piano mungkin sudah tidak asing ditelinga sobat musikitabro. Salah satu dari sekian banyak instrumen musik yang sangat sering digunakan dalam berbagai pembuatan musik yang indah. Piano juga merupakan instrumen musik yang sangat kompleks dan terdiri dari berbagai macam material-material yang cukup mahal. Beberapa material dari piano seperti kayu dengan kualitas tinggi, besi, baja, tembaga, plastik, kuningan, kapas, bahan perekat (lem), dan sebagainya yang tersusun secara padu dapat kita lihat apa bila kita analisa

Maka bisa dibayangkan betapa sulitnya membersihkan bagian-bagian yang tidak mudah terjangkau di dalam piano. Berikut ini beberapa FAQ dalam merawat piano yang kita miliki

Seberapa sering piano harus di tunning / di setel ?

Tuning dilakukan agar piano dapat selalu memberikan suara yang merdu, untuk piano yang sudah lama maka tuning bisa dilakukan 2 kali setahun. Dengan melakukan tuning yang baik akan menjaga performa piano tetap baik karena suara yang dikeluarkan dari dawai-dawai piano terjaga kestabilannya. Untuk piano yang masih baru hanya perlu dilakukan 4 kali tuning di tahun pertama pembelian. Setelah itu makan performa dari piano sudah menjadi baik karena dawai bisa beradaptasi serta memiliki peregangan yang tepat.

Jadwalkan piano sobat secara teratur untuk mendapatkan tunning idealnya 6-8 bulan sekali atau 2 kali dalam setahun. Perlu diperhatikan piano harus mendapatkan penjadwalan tunning secara berkala meskipun piano tersebut jarang digunakan. Penjadwalan berkala ini bertujuan untuk menjaga suara yang dihasilkan tetap pada kondisi prima dan kestabilan nya terjaga. Khusus untuk piano baru atau senar baru penyetelan bisa dilakukan sebanya 4 kali dalam satu tahun pertaman hal ini berkaitan dengan adaptasi senar tersebut dalam mendapatkan renggang yang tepat.

Penempatan piano

Panas yang tinggi dan kelembaban dapat menyebabkan kerusakan pada piano. Hindari meletakan piano dari sinar matahari. Terutama di dekat jendela atau pintu yang bisa di jangkau oleh sinar matahari langsung. Jangan meletakkan tumbuh-tumbuhan atau bunga beserta vasnya, minuman, makanan, atau benda apapun di atas piano. Karena jika tumpah atau terjatuh akan membasahi dan mengotori piano. Jika air atau kotoran tersebut masuk ke dalam sela-sela bagian mekanik piano, akan sangat sulit untuk membersihkannya.

Piano sepatutnya ditempatkan di ruang tertutup dan paling baik di rungan AC (Air Condition) karena ruangan AC akan selalu kering dan suhunya tetap stabil. Jika suhu di ruangan terus berubah-ubah maka piano akan cepat berkarat atau berjamur. Selain itu perhatikan juga barang-barang lain yang ada di ruangan yang dapat mempengaruhi suara dari piano. Karpet biasanya bisa menyerap suara, sementara kayu bisa memperkuat suaranya sehingga terdengar seperti live music. Jika sobat merasa bahwa piano sobat terlalu keras, sobat bisa menggunakan karpet sebagai peredam, demikian juga sebaliknya.

Membersihkan piano

Cara terbaik membersihkan piano yaitu dengan menggunakan kain lembut untuk membersihkan debu. Kemudian untuk semir dapat menggunakan semir khusus yang bisa dibeli di toko piano. Biasanya semir ini bersifat anti-static yang dapat menjaga piano sobat dari debu.

Membersihkan Tuts Piano: Cara terbaik untuk membersihkan tuts piano adalah dengan menggunakan satu bahan lembut yang lembab. Jika ternyata masih sulit, bisa juga menggunakan sedikit sabun. Setelah itu harus segera dikeringkan kembali dengan bahan lembut yang kering. Jangan pernah menggunakan bahan-bahan kimia atau pembersih cair pada tuts piano. Bersihkan debu secara teratur dan bersihkan dengan larutan air yang lembut dan hangat dan cuka pada bulu pembersi. Kemudian lap dengan baik. jika sobat ingin membersihkan tempat sekitar piano dan bagian piano yang biasanya menjadi sangat berdebu, sobat dapat menggunakan vaccum cleaner.

Membersihkan Bagian Dalam dari Piano: Umumnya direkomendasikan bahwa untuk bagian dalam piano dibersihakan hanya dengan seorang yang ahli (teknisi). Karena banyak bagian yang mudah patah, maka sebaiknya menggunakan seorang teknisi yang berpengalaman.

Ada beberapa cara yang tidak direkomendasikan dalam merawat piano disini yaitu dengan menggunakan bahan kimia selain minyak pembersih yang bisa sobat dapatkan ditoko musik / piano. Membiarkan piano terbuka untuk jangka waktu yang lama karena hal ini akan menyebabkan perubahan warna dari tombol. Menggunakan furnitur pemoles karena hal ini dapat menjadikannya sangat kasar Perawatan secara benar dan teratur tidak hanya dapat menjaga kualitas kestabilan suara saja tetapi menambah nilai estetika dan juga menambah nilai jual kembali piano. Bagaimana sobat, apakah sekarang sudah dibersihkan pianonya.? Yuk, kita bersih-bersih piano mulai dari sekarang :)

No comments

Powered by Blogger.