14 Alat Musik yang Digunakan Dalam Musik Country

14 Alat Musik yang Digunakan Dalam Musik Country -- Musik Country, ya, itulah nama genre musik yang cukup populer di kalangan masyarakat amerika selatan, musik country ini dalam permainannya banyak menggunakan alat musik petik, pada awal kelahirannya, musik ini tumbuh dari lagu-lagu rakyat amerika utara musik kopel dan musik gospel pada pahun 1920 an. Pada awalnya musik ini tidak menggunakan musik country sebagai nama musiknya tapi namanya adalah hilbility dan populer pada tahun 1970 an dengan nama musik country


Musisi yang cukup terkenal pada musik country adalah Elvis Presley, mungin kalian semua menyangka bahwa Elveys Presley adalah raja musik Rock and Roll, memang pada masa keemasannya Elvis Presley populer dengan Rock and Roll, tapi tahukah anda bahwa genre musik yang dibawakan Elvis Presley pada awalnya mengunakan genre musik Country. Tak hanya Elveys Presley, salah satu musisi yang mempunyai rekor dalam hal penjualan kepingan rekaman lagu countrynya tersebut.

Bagaimana dengan alat musik yang digunakan dalam musik country? Mungkin dalam hal alat musik tidak ada yang terlalu istimewa, hanya saja komponen alat musik yang dibawakan dalam permainan musik country terbilang banyak, karena musik country adalah genre musik yang cukup tua maka alat musik yang digunakan dalam permainan musik country  ini adalah alat musik yang populer juga pada tahun-tahun dimana musik country mendapatkan kepopulerannya. Apa saja alat musik yang digunakan dalam musik country itu?

1. Akordion


Akordion adalah alat musik yang berasal dari jerman, teknik permainannya mirip dengan piano, tapi penggunannya berbeda dengan piano, alat musik ini dimainkan dengan cara digantung di badan.

2. Auto Harp


Alat musik ini jika di Indonesia mungkin mirip dengan kecapi, tapi berbeda dalam menggunakan alat musik ini, biasanya para pemain menaruhnya di dada.

3. Banjo


Banjo adalah alat musik yang berasala dari amerika tapi ditemukan oleh budak afrika di amerika, alat musik ini permainannnya sama dengan gitar hanya  string dan bentuknya saja yang berbeda.

4. Bass


Bass adalah alat musik yang bunyinya adalah bunyi terendah dalam setiap accord yang dimainkan, alat musik bass saat ini berbeda dengan musik bass yang digunakan untuk membawakan lagu country jaman dulu.

5. Dobro



Dobro adalah gitar yang dimodifikasi sedemikian ruparupa hingga permainan dan cara menggunakan alat musik ini juga berbeda dengan gitar walaupun sama-sama dipetik.

6. Mandolin


Mandolin dalam pembawaannya sama dengan biola, haya saja bentuk alat musik ini memilki bentuk yang lebih lebar dan lebih tipis.

7. Biola


Biola adalah musik yang tidak mungkin ditinggalkan dalam musik country, alat musik dawai yang cara permainannya dengan cara digesek ini adalah unsur penting dalam permainan musik country.

8. Gitar Akustik


Mungkin untuk saat ini tak ada satupun genre musik yang populer dalam masyarakat tidak menggunakan alat musik ini, pertama kali ditemukan musik country gitar sudah menjadi bagian yang tak terlewatkan dalam musik country ini.

9. Harmonika


Alat musik yang paling kecil dalam memainkan musik country adalah harmonika, alat musik yang populer pada film-film coboy ini memang bagian yang tak terpisahkan dalam musik country.

10. Drum


Siapa yang tak kenal drum, alat musik yang dalam permainannya dengan cara dipukul ini dalam memainkannya dalam musik country tergolong lembut dan santai.

11. Sitar


Alat musik ini mirip dengan banjo, hanya saja bentuknya yang lebih besar, mungkin dari beberapa banyak musik yang  digunakan dalam musik country ini hanya alat musik ini yang berasal dari asia.

12. Piano


Piano saat ini sudah sangat populer, alat musik classic ini adalah musik pertama dengan papan tuts yang bila ditekan mengeluarkan suara di setiap tutsnya.

13. Pedal Gitar


Pedal gitar bentuknya mirip dengan kecapi. Kenapa dinamakan pedal gitar, dinamakan demikian karena adanya pedal di kaki guna mengubah irama pedal gitar, pada awal penciptaan musik country tentu saja tidak ada pedal gitar dalam permainannya, karena pedal gitar adalah alat musik modern.

14. Washboard


Kenapa dinamakan washboard.? Alat musik ini dinamakan washboard karena bentuknya yang memang seperti papan pencuci, alat musik ini dimainkan dengan cara digesek bagian pencucinya.

Itulah alat musik yang digunakan dalam musik country. Terima kasih dan semoga bermanfaat.