6 Hal Yang Harus Dihindari Agar Dapat Melindungi Suara Untuk Kesehatan Bernyanyi

6 Hal Yang Harus Dihindari Agar Dapat Melindungi Suara Untuk Kesehatan Bernyanyi -- Melindungi Suara kita itu mengacu pada tindakan-tindakan apa yang harus dihindari agar tidak merugikan suara nyanyian kita, serta tindakan apa  untuk kesehatan bernyanyi sebagai bagian dari kebiasaan kita sehari-hari, itu sangat penting dilakukan agar ketika kita bernyanyi dapat mendapatkan suara yang merdu.

Merawat suara kita juga harus mengetahui tentang makanan kita, dan masih banyak hal lain yang perlu kita ketahui dan hindari tentang kebiasaan-kebiasaan kita yang dapat merusak suara kita.

Berikut adalah beberapa tindakan yang harus kita hindari, serta apa yang bisa kita coba lakukan untuk mencegah kerusakan yang tidak perlu untuk suara dan pita suara:

1 . Batuk dan Menggaruk Tenggorokan



Tenggorokan kita memiliki dahak atau lendir adalah hal yang sangat wajar, dan kebanyakan dari kita pernah menggaruk leher kita dengan keras dan kasar guna mengobati rasa gatal di tenggorokan. Namun, kita harus mencatat bahwa ketika kita menggaruk tenggorokan kita, kita benar-benar 'menggosok' pita suara kita  satu sama lain, dan ini bisa menyebabkan luka yang tidak perlu!

Batuk kasar dan keras juga bisa membuat pita suara menjadi renggang, dan itu membuat pita suara meremas satu sama lain, dan ini juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak perlu untuk suara bernyanyi kita.

Tips perlindungan suara untuk ini ialah dengan cara melegakan tenggorokan kita dengan menghasilkan batuk lembut di mana ada banyak udara yang digunakan tetapi sedikit suara yang dihasilkan. Hal ini dapat dilakukan dengan bernapas secara dalam dan mengambil udara kemudian mengusir rasa gatal di tenggorokan itu dengan suara diam ' HEM ' , menciptakan suara gemuruh rendah dengan pita suara kita.

Ini juga akan baik bagi kita untuk memahami lebih lanjut tentang  pita suara kita dan bagaimana mereka bekerja, agar kita dapat mengambil tindakan perlindungan suara yang bagus dan tepat. Mempraktekkan latihan pemanasan vokal secara teratur juga akan bermanfaat bagi suara menyanyi kita, dan membantu pita suara untuk membangun kekuatan dalam pita suara kita agar mampu menahan ketegangan  atau ketegangan yang diciptakan oleh tindakan kita yang mungkin berbahaya bagi suara kita!

2 . Merokok



Semua orang tentu tahu bahwa merokok buruk bagi kita karena merokok buruk bagi jantung kita, paru-paru dan saluran vokal, dan merokok adalah bencana bagi suara bernyanyi kita! Merokok  membuat iritasi dan mengeringkan saluran vokal dan menyebabkan pita suara  kita memjadi serak untuk bernyanyi.

Memakai obat-obatan juga menyebabkan banyak masalah kesehatan dan menempatkan kita  dalam keadaan pikiran yang tidak bermanfaat untuk  bernyanyi. Obat-obatan tertentu seperti ganja juga mengiritasi saluran vokal dan mengeringkan tenggorokan kita, sehingga tidak kondusif untuk bernyanyi. Bahkan, banyak penyanyi yang tentu sangat dianjurkan untuk pergi ke rehabilitasi oleh perusahaan rekaman mereka untuk menendang kebiasaan obat dan merokok mereka guna menjaga kesehatan tubuh dan pikiran!

3 . Berteriak Atau Berbicara Terlalu Keras



Biasanya ketika kita pergi ke klub atau ketika kita berada di tempat-tempat yang bising seperti lokasi konstruksi, kita cenderung berteriak atau mencoba untuk memproyeksikan suara kita di atas tingkat kebisingan umum lingkungan kita. Hal ini tentunya tidak baik untuk suara kita karena subyek pita suara kita akan menjadi tegang, terutama ketika kita harus berbicara sangat keras untuk jangka waktu yang lama dalam lingkungan yang berisik!

Tips perlindungan suara yang bagus buat kita adalah dengan  mengurangi waktu berbicara kita di lingkungan yang bising atau mungkin bisa dengan berbicara lebih sedikit dan dalam kalimat yang lebih pendek, sehingga untuk menghindari terlalu banyak penyalahgunaan vokal! Kami juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lebih banyak bahasa isyarat ketika berkomunikasi dalam lingkungan ini , atau hanya untuk bergerak lebih dekat ke orang yang kita ajak bicara dan berbicara di telinga mereka sehingga kita tidak perlu regangan suara nyanyian kami terlalu banyak !

4 . Kelelahan Fisik



Berbicara ketika kita terlalu lelah atau kelelahan karna bekerja tentu bukan ide yang  bagus, dan akan akan membuat pita suara kita menjadi tegang dan stres . Hal ini karena ketika kita lelah, kita biasanya tidak akan berpikir untuk mendukung suara kita dengan nafas yang benar ketika bernyanyi dan cenderung terengah-engah ketika bernyanyi, dan ini berarti bahwa kita dapat berbicara dengan suara yang tidak didukung,'menggosok' pita suara dan membuat penyalahgunaan vokal!

Tips perlindungan suara yang  berguna bagi kita ialah dengan beristirahat dan memastikan bahwa kita memiliki energi yang cukup dan sadar dan mengendalikan tindakan kita, sebelum kita mulai berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Kita juga mungkin ingin untuk membangun dukungan napas  melalui latihan pernapasan sederhana namun berguna yang tidak hanya membangun diafragma dan kekuatan otot perut, tetapi juga mengajarkan kita bagaimana untuk mendukung suara kita yang lebih baik untuk berbicara dan bernyanyi !

Melakukan beberapa latihan peregangan sederhana untuk leher kita, bahu dan tubuh kita secara umum sebelum menyanyi juga akan membantu kita untuk menjaga diri kita lebih santai dan bebas stres, dan juga menjaga suara kita sehat!

5 . Menggunakan Mikrofon Di Saat Yang Tidak Tepat



Kadang-kadang ketika kita perlu melakukan presentasi atau berbicara di depan khalayak umum, kita dapat mencoba memproyeksikan suara kita tanpa bantuan mikrofon atau amplifie, terutama jika ruangan tidak terlalu besar, atau tidak ada terlalu banyak orang.

Gunakanlah mikrofon di saat yang tepat , bahkan jika kita hanya menangani sekelompok kecil orang. Ini akan mengurangi ketegangan  pita suara kita ketika kita memproyeksikan suara kita tanpa mikrofon, dan juga memungkinkan semua orang untuk mendengar kita keras dan jelas!

6 . Pernapasan Melalui Mulut



Ketika lingkungan sekitar kita kering dan gersang atau bahkan berdebu, saya yakin kita semua mengalami masalah pernapasan dan merasa bahwa tenggorokan  kita menjadi kering. Bahkan, ketika kita berada di lingkungan ini, kita harus mencoba sebaik mungkin untuk napas melalui hidung kita dan tidak melalui mulut kita.

Hal ini karena ketika kita bernapas melalui hidung, udara yang kita hirup melewati filter alami yang tidak hanya akan menghilangkan sebagian besar partikel yang tidak perlu di udara, tetapi udara ini juga akan dibasahi ketika bergerak melalui hidung kita dan berlangsung melalui leher untuk paru-paru kita. Hal ini membuat udara menjadi tidak terlalu kering dan mengurangi 'pengeringan'.

Tentu saja ketika kita bernyanyi, sebagian besar waktu kita akan bernapas melalui mulut kita, karena bernafas melalui mulut menjadi lebih cepat dan lebih mudah, dan kita juga perlu membuat beberapa suara pernapasan untuk efek dramatis ketika kita bernyanyi. Dalam hal ini, kita harus menyiapkan segelas air  atau suhu ruang bagi kita untuk melembabkan suara dan tenggorokan  kita, untuk menghindari kekeringan yang berlebihan dan iritasi!

Ini hanya beberapa Perlindungan Voice Tips dan Teknik. Tentu saja bagi kita untuk menyanyi dengan baik, kita tidak hanya perlu belajar tentang bagaimana untuk menghindari kerusakan suara kita, tetapi kita juga harus belajar tentang berbagai masalah bernyanyi yang mungkin kita melakukannya tanpa disadari.