Alasan Kenapa Hari Musik Nasional Jatuh Pada Tanggal 9 Maret

Alasan Kenapa Hari Musik Nasional Jatuh Pada Tanggal 9 Maret -- Musikitabro mengucapkan Selamat Hari Musik Nasional bagi kalian para penikmat musik tanah air dimanapun kalian berada, baik itu penikmat musik pop, dangdung, rock, metal, jazz, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa hari musik nasional disini tidak termasuk dalam hari libur nasional,.Lho.!

Jadi, bagi kalian yang berharap bahwa tanggal 9 Maret ini akan libur, itu salah besar.. 😄

Nah, terus apa sebenarnya hubungan hari musik nasional dengan tanggal 9 Maret?

Jawabannya adalah :

9 Maret dipilih menjadi Hari Musik Nasional karena pada hari itu lahirnya pencipta lagu Indonesia Raya yang juga merupakan pahlawan nasional, yaitu Wage Rudolf Soepratman.

Sumber : Deviantart

Tahukah kalian.? Bahwa W. R. Soepratman sendiri wafat tanpa sempat mendengar lagunya dikumandangkan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau meninggal di usia 35 tahun pada 17 Agustus 1938.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional lewat Kepres Nomor 10 Tahun 2013. Pencanangan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sebenarnya sudah dilakukan di masa Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai presiden. Keputusan ini dibuat agar menjadi motivasi dan mengangkat derajat musik Indonesia. Nah, untuk itu kita sebagai pecinta musik, musisi Indonesia, tetaplah selalu berkarya.!

Telah diketahui bahwa sebagian besar penduduk Indonesia mencintai musik. Teruslah berkarya menciptakan nada-nada musik yang berirama dan memiliki pesan yang baik untuk penduduk Indonesia khususnya para pecinta musik.

Semoga dalam peringatan ini, semakin banyak penduduk Indonesia yang kreatif di bidang musik dan menghasilkan banyak karya-karya baru. Jangan lupa untuk stop pembajakan; hargai karya anak bangsa. Sekali lagi, Musikitabro mengucapkan Selamat Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Maret.! The only truth is music bro :)