Tips dan Cara Meluruskan Neck Gitar yang Bengkok

Cara Meluruskan Neck Gitar yang Bengkok -- Gitar adalah salah satu instrumen/alat musik yang menurut saya paling banyak dimainkan diantara alat musik lainnya, Tapi tahukan anda jika gitar juga mempunyai masalah-masalah yang sering timbul dan kadang-kadang bikin kita gak mood untuk memainkan instrumen tersebut, seperti neck bengkok, tabung pecah (Gitar akustik), senar putus atau berkarat, tune machine kocak dan sebagainya. 

Namun dalam artikel kali ini saya akan memberikan Tips / Cara Meluruskan Neck Gitar yang Bengkok

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak penjelasan di bawah ini :

Salah satu faktor yang mempengaruhi suara gitar adalah neck atau stang gitar yang melengkung. hal ini mungki disebabkan karena kalian menaruh gitar sembarangan, tapi tidak apa apa walaupun stang bengkong sebenarnya masih bisa diperbaiki.

Idealnya neck gitar itu tidak lurus sempurna, coba letakan gitar kalian diatas meja dengan posisi senar diatas, idealnya neck gitar agak cekung kebawah. (Bagaimana dengan gitar kalian.?)

Cara mengetahui stang gitar melengkung atau tidak adalah dengan cara menekan senar nomor 6 fret 1 dan tekan fret 15 secara bersamaan dan lihat jika ada jarak disemua senar yang nomor 6 dari fret 2 sampai fret 14 berarti neck gitar kalian bengkok cekung, tapi jika pada fret 7, 8, 9 menempel dengan fret sedangkan yang lainya tidak berarti neck gitar kalian bengkok cembung, jika tidak ada jarak antara fret dan senar berarti stang gitar kalian lurus, Tapi bagusnya memang ada jarak antara senar dan fret tapi tidak terlalu lebar. (hal ini juga bisa buat gitar bass).

Hal selanjutnya cara membuat neck gitar yang melengkung tadi adalah memutar besi yang ada didalam stang/neck dengan kunci L Atau besi yang berada di dalam neck gitar kalian. Besi yang berada didalam gitar kalian tersebut disebut Truss Rod.

Berikut Gambarnya :

Truss rod gitar elektrik

Truss rod gitar akustik
Memang tidak semua gitar akustik memiliki truss rod, hanya beberapa gitar yang mempunyai bentuk steng yang sedikit melingkar saja yang ada truss rodnya. Letak buat menyetel truss rod gitar akustik dan elektrik berbeda. Kalau buat gitar akustik berada di dalam bodi atau tabung gitar dekat dengan neck, bisa dilihat dari ujung gitar diatas termolo. Dan letak truss rod di gitar elektrik berada di headstock atau ujung senar yang biasanya buat stem.

Cara memperbaiki truss rod yang bengkok adalah dengan kunci L. Tapi saran saya lebih baik kalian membetulkanya di tukang servise gitar sebab buat orang yang belum berpengalaman dalam hal ini bisa membuat neck gitar semakin bengkok, melengkung, bengkong dan parahnya lagi bisa rusak. Tapi jika kalian ingin membetukalnya sendiri ini dia caranya, Next

Cara mengatasinya yaitu sebagai berikut :

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan
  • Kunci L
  • Gitar


Tahap akhir

Jika neck / stang gitar kalian bengkoknya cekung maka hal yang harus dilakukan adalah memutar truss rod dengan kunci L ke arah kanan (searah jarum jam). Jika bengkoknya cembung maka putarlah Truss rod ke kiri (berlawanan arah jarum jam)

Putarlah dengan pelan-pelan saja dan risiko ditanggung sendiri. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel tentang Cara Meluruskan Neck Gitar yang Bengkok, semoga berhasil :)